ananda fitria ramadhan X TKJ 1


ANANDA FITRIA RAMADHAN


Materi pemdas :
-Logika &  Algoritma
- Dev C++
Logika& Algoritma
  • Logika : Aristoteles (384-322 SM)
  • Algoritma ditemukan oleh Abu jafar Muhammad Ibnu al khawarizmi dari persia/ Iran
Pengertian logika
Logika adalah pemikiran/ penalaran. logika juga disebut sebagai ilmu yang mempelajari prinsip- prinsip yang harus diikuti agar berpikir valid menurut aturan yang ada.

Pengertian algoritma
Algoritma adalah langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah diperoleh

Tahapan penyelesaian masalah:
  • MASALAH 
  • MODEL           [ANALISIS]
  • ALGORITMA [ANALISIS]
  • PROGRAM     [ANALISIS]
  • EKSEKUSI
  • HASIL             [DATA]

Kriteria Pemilihan algoritma:
-ouput
-efektif dan efisien
-jumlah langkahnya berhingga
-akhirannya
-terstruktur

Konsep algoritma pemrograman:
Langkah-langkah pembuatan suatu program :
1.     Mendefinisikan masalah
2.     Mencari solusi
3.     Menentukan algoritmanya
4.     Menulis programnya
5.     Menguji program
6.     Mendokumentasikan
7.     Merawat program

Langkah-langkah :
1.     Menentukan masalah yang ada serta ditentukan pada input dan outputnya
2.     Bila mendapatkan solusi harus melalui langkah yang rumit daapat dilakukan pembagian masalah dalam beberapa modul-modul kecil tersebut digabungkan menjadi satu untuk mendapatkan solusi
3.     Dalam pemilihan algoritma pemrograman/analisis harus menggunakan algoritma yang sesuai dan efisisen untuk masalah yang dihadapi
4.     Penulisan program bisa menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasai dan memiliki kompabilitas dengan perangkat keras yang akan menggunakan program tersebut
5.     Bila program sudah selesai dibuatkemudian diperlukan untuk mengetahui apakah program yang dibuat sudah layak digunakan
6.     Penulisan dokumentasi yang biasanya dilupakan oleh pemrograman menjadi sangat penting saat akan dilakukan perubahan pada program yang dibuat. Penulisan pemrograman ini dapat dilakukan dengan menulis komentar pada source code tentang kegunaannya (variabel,parameter,procedure,fungsi)
7.     Program yang sudah selesai dibuat juga perlu dirawat dengan pendeteksian dengan pendeteksian bug yang belum diketahui sebelumnya juga penambahan fasilitas baru yang mempermudah pengguna program


Syarat-syarat algoritma :
1.     Setiap langkah harus DEFINITE(pasti,tertentu)
2.     Mempunyai 1 outpout
3.     Harus ada stoping(bisa berhenti)

Algoritma mempunyai beberapa jenis :
1.     Sequence intruksi dikerjakan berurutan(sekuensial)
2.     Selection intruksi dikerjakan bila kriteria tertentu terpenuhi
3.     Intruksi dikerjakan bila memenuhi kondisi tertentu
4.     Concurrent mengerjakan banyak intruksi secara bersama

Contoh algoritma menghitung luas persegi
        1. masukan sisi (s)
        2. luas <-s*s
        3. tulis luas

Struktur algoritma yaitu :
-         Sequensial
-         Seleksi
-         Pengulangan
Ada 3 = four,while,repeak

Contoh : mencari bilangan terkecil dari dua bilangan yang dimasukkan
Algoritma :
1.     Masukan bilangan pertama
2.     Masukan bilangan kedua
3.     Jika bilangan pertama < bilangan kedua, maka kerjakanlah langkah ke 4, bila tidak maka kerjakan langkah ke 5
4.     Tampilkan bilangan pertama
5.     Tampilkan bilangan kedua

Pesedu code
1.     Input X
2.     Input Y
3.     IF X < Y Then langkah 4 else langkah 5 
. .  write x
...  write y
.
  Algoritma dengan bahasa natural
 Algoritma bahasa natural merupakan cara penyajian suatu algoritma yang paling sederhana dan paling mudah untuk dimengerti. Algoritma ditulis dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari (bahasa indonesia, inggris), atau bahasa apapun yang dipahami.

Contoh penulisan bahasa natural :
1.     Intralisasi
2.     Masukan nilai panjang,lebar, dan tinggi kedalam sebuah variabel misal p,l,t
3.     Menyiapkan variabel luas rumus p x l x t
4.     Menghitung luas nilai
5.     Cetak luas persegi panjang
6.     Selesai.

  Variabel
Variabel merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah selama proses program.
Dalam pemberian variabel terdapat ketentuan :
a). tidak boleh ada spasi (contoh asitya rahman) dan dapat menggunakan garis bawah (_) sebagai penghubung (contoh.aditya_rachman)
 b). tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan operator aritmatika
ada 2 jenis variabel :
1). Variabel numeric :
    a). bilangan bulat
    b). bilangan decimal berpresisi tunggal/flooting point
    c). bilangan decimal berpresisi tunggal/double precision
2). Variabel teks :
     a). character (karakter tunggal)
     b). string (untaian rangkaian karakter)

















FLOWCHART
Contoh flowchart :
  


         
                            

Pengertian C++

      C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B,

1.Pengenalan

Contoh program C++   
    




            


using namespace std;
Main ( )
{
char pesan[]= "hai C Programmer!";
cout<<pesan;
return 0 ;
} 


2.     BIODATA
          



#include <iostream>
using namespace std ;
main ()
{
          char n [20] ,a[60] ,b[20],c[20] ;
          cout<< "nama :" ;
          cin>> a ;
          cout<< "kelas :" ;
          cin>> b ;
          cout<< "nisn :" ;
          cin>> c ;
          return 0 ;
}

3. SOAL ARITMATIKA
   


#include <stdio.h>
# include<conio.h>
int main()
{
          int a=8;
          int b=2;
          int hasil;
          hasil = a+b;
          printf ("%i",hasil);
          getch();
}



4.OPERATOR ARITMATIKA
 


Terdiri dari :
- penjumlahan ( + )
- pengurangan ( - )
- sisa bagi / hanya  untuk tipe data integer ( % )
- perkalian ( * )
- pembagian ( / )

Jika operator bagi ( / ) diterapkan pada tipe integer, akan menghasilkan bilangan integer dengan decimal yang dihilangkan.

  
*ASSIGNMENT OPERATOR ( = )

Berfungsi untuk memberi nilai pada variable.


5.FOR DO
 


#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
          int batas ;
          cout << "Nilai tertinggi =";
          cin >> batas ;
          for ( int i = 1 ; i <=batas; i++ )
          cout << i << ' ' ;
          return 0 ;




6.WHILE DO


#include <iostream>
using namespace std;
main ()
{
          int I=0 ;
          while (I<10)
          {
          //      cout<< "Ananda belajar c++\n";
                   I++;
                   //Ananda 12
          }
return 0;
}

Komentar