ananda fitria ramadhan X TKJ 1
ANANDA FITRIA RAMADHAN
Materi
pemdas :
-Logika
& Algoritma
-
Dev C++
Logika&
Algoritma
- Logika : Aristoteles (384-322 SM)
- Algoritma ditemukan oleh Abu jafar Muhammad Ibnu al khawarizmi dari persia/ Iran
Pengertian logika
Logika
adalah pemikiran/ penalaran. logika juga
disebut sebagai ilmu
yang mempelajari prinsip- prinsip yang harus diikuti agar berpikir valid
menurut aturan yang ada.
Pengertian algoritma
Algoritma adalah
langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah diperoleh
Tahapan
penyelesaian masalah:
- MASALAH
- MODEL [ANALISIS]
- ALGORITMA [ANALISIS]
- PROGRAM [ANALISIS]
- EKSEKUSI
- HASIL [DATA]
Kriteria Pemilihan
algoritma:
-ouput
-efektif dan efisien
-jumlah langkahnya
berhingga
-akhirannya
-terstruktur
Konsep algoritma
pemrograman:
Langkah-langkah
pembuatan suatu program :
1.
Mendefinisikan
masalah
2.
Mencari solusi
3.
Menentukan
algoritmanya
4.
Menulis programnya
5.
Menguji program
6.
Mendokumentasikan
7.
Merawat program
Langkah-langkah
:
1.
Menentukan masalah
yang ada serta ditentukan pada input dan outputnya
2.
Bila mendapatkan
solusi harus melalui langkah yang rumit daapat dilakukan pembagian masalah
dalam beberapa modul-modul kecil tersebut digabungkan menjadi satu untuk
mendapatkan solusi
3.
Dalam pemilihan
algoritma pemrograman/analisis harus menggunakan algoritma yang sesuai dan
efisisen untuk masalah yang dihadapi
4.
Penulisan program
bisa menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasai dan memiliki kompabilitas
dengan perangkat keras yang akan menggunakan program tersebut
5.
Bila program sudah
selesai dibuatkemudian diperlukan untuk mengetahui apakah program yang dibuat
sudah layak digunakan
6.
Penulisan dokumentasi
yang biasanya dilupakan oleh pemrograman menjadi sangat penting saat akan
dilakukan perubahan pada program yang dibuat. Penulisan pemrograman ini dapat
dilakukan dengan menulis komentar pada source code tentang kegunaannya
(variabel,parameter,procedure,fungsi)
7.
Program yang sudah
selesai dibuat juga perlu dirawat dengan pendeteksian dengan pendeteksian bug
yang belum diketahui sebelumnya juga penambahan fasilitas baru yang mempermudah
pengguna program
Syarat-syarat
algoritma :
1. Setiap langkah harus
DEFINITE(pasti,tertentu)
2. Mempunyai 1 outpout
3. Harus ada
stoping(bisa berhenti)
Algoritma
mempunyai beberapa jenis :
1. Sequence intruksi
dikerjakan berurutan(sekuensial)
2. Selection intruksi
dikerjakan bila kriteria tertentu terpenuhi
3. Intruksi dikerjakan bila
memenuhi kondisi tertentu
4. Concurrent
mengerjakan banyak intruksi secara bersama
Contoh algoritma
menghitung luas persegi
1. masukan sisi (s)
2. luas <-s*s
3. tulis luas
Struktur
algoritma yaitu :
-
Sequensial
-
Seleksi
-
Pengulangan
Ada
3 = four,while,repeak
Contoh
: mencari bilangan terkecil dari dua bilangan yang dimasukkan
Algoritma
:
1. Masukan bilangan
pertama
2. Masukan bilangan
kedua
3. Jika bilangan pertama
< bilangan kedua, maka kerjakanlah langkah ke 4, bila tidak maka kerjakan
langkah ke 5
4. Tampilkan bilangan
pertama
5. Tampilkan bilangan
kedua
Pesedu
code
1. Input X
2. Input Y
3. IF X < Y Then
langkah 4 else langkah 5
. . write x
... write y
.
Algoritma dengan
bahasa natural
Algoritma bahasa natural merupakan cara
penyajian suatu algoritma yang paling sederhana dan paling mudah untuk
dimengerti. Algoritma ditulis dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari
(bahasa indonesia, inggris), atau bahasa apapun yang dipahami.
Contoh
penulisan bahasa natural :
1. Intralisasi
2. Masukan nilai
panjang,lebar, dan tinggi kedalam sebuah variabel misal p,l,t
3. Menyiapkan variabel
luas rumus p x l x t
4. Menghitung luas nilai
5. Cetak luas persegi
panjang
6. Selesai.
Variabel
Variabel
merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta dimemori yang
mempunyai nilai atau data yang dapat berubah selama proses program.
Dalam
pemberian variabel terdapat ketentuan :
a).
tidak boleh ada spasi (contoh asitya rahman) dan dapat menggunakan garis bawah
(_) sebagai penghubung (contoh.aditya_rachman)
b). tidak boleh diawali oleh angka dan
menggunakan operator aritmatika
ada
2 jenis variabel :
1).
Variabel numeric :
a). bilangan bulat
b). bilangan decimal berpresisi
tunggal/flooting point
c). bilangan decimal berpresisi
tunggal/double precision
2).
Variabel teks :
a). character (karakter tunggal)
b). string (untaian rangkaian karakter)
FLOWCHART
Contoh flowchart :
Pengertian C++
C++ adalah bahasa
pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C
dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun
1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B,
1.Pengenalan
Contoh program C++
using namespace
std;
Main ( )
{
char pesan[]=
"hai C Programmer!";
cout<<pesan;
return 0 ;
}
2. BIODATA
#include <iostream>
using namespace std ;
main ()
{
char n [20] ,a[60] ,b[20],c[20] ;
cout<< "nama :" ;
cin>> a ;
cout<< "kelas :" ;
cin>> b ;
cout<< "nisn :" ;
cin>> c ;
return 0 ;
}
3. SOAL ARITMATIKA
#include <stdio.h>
# include<conio.h>
int main()
{
int a=8;
int b=2;
int hasil;
hasil = a+b;
printf
("%i",hasil);
getch();
}
4.OPERATOR ARITMATIKA
Terdiri dari :
- penjumlahan ( + )
- penjumlahan ( + )
- pengurangan ( - )
- sisa bagi /
hanya untuk tipe data integer ( % )
- perkalian ( * )
- pembagian ( / )
Jika operator bagi ( / ) diterapkan pada tipe integer, akan menghasilkan bilangan integer dengan decimal yang dihilangkan.
*ASSIGNMENT OPERATOR ( = )
Berfungsi untuk memberi nilai pada variable.
Jika operator bagi ( / ) diterapkan pada tipe integer, akan menghasilkan bilangan integer dengan decimal yang dihilangkan.
*ASSIGNMENT OPERATOR ( = )
Berfungsi untuk memberi nilai pada variable.
5.FOR DO
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int batas ;
cout << "Nilai
tertinggi =";
cin >> batas ;
for ( int i = 1 ; i
<=batas; i++ )
cout << i << ' '
;
return 0 ;
6.WHILE DO
#include <iostream>
using namespace std;
main ()
{
int I=0 ;
while (I<10)
{
// cout<< "Ananda belajar c++\n";
I++;
//Ananda 12
}
return 0;
}
Komentar
Posting Komentar